Thursday, January 15, 2009

Catatan Hari Ini 015


Bersyukur



Bahwa bersyukur itu sehat -- bukan hanya secara batiniah, bahkan juga secara lahiriah. Secara batiniah, rasa syukur akan membuatmu enjoy dengan hari-harimu. Sehingga hidupmu bisa produktif. Rasa syukur juga akan meluap dari hati, terpancar dalam raut wajahmu, terwujud dalam sikapmu. Dampaknya relasimu dengan orang-orang di sekitar akan lebih smooth. Secara lahiriah, seperti kata-kata bijak ini, "Hati yang gembira adalah obat yang manjur." Hati yang gembira akan membendung stress dengan segala penyakit turunannya. Pintu masuk hati yang gembira adalah rasa syukur.

Bahwa bersyukur itu soal pilihan. Kuncinya terletak pada kemauan dan kemampuanmu memanage fokus hidup. Dalam hidup ini ada banyak alasan untuk bersyukur -- sebanyak alasan untuk mengeluh. Tinggal mana yang mau kamu jadikan fokus. Kalau kamu fokus pada hal-hal baik, bukan pada hal-hal buruk; pada apa yang ada padamu, bukan pada apa yang gak ada; pada kasih dan rahmat Tuhan, bukan pada tantangan dan persoalan hidup, maka hatimu akan melimpah dengan rasa syukur. Jauh dari mengeluh.

Bila demikian adanya lalu, mengapa kamu gak memilih untuk bersyukur?! Mungkin memang gak sesederhana mengatakannya, tetapi pasti gak sesulit yang dibayangkan. Gak percaya? Coba saja awali harimu dengan senandung pujian kepada Sang Khalik. Resapi pujian itu.

No comments: