Friday, June 01, 2007

Sporty Friday - 06


Sepakbola : Kejutan


Dalam setiap musim kompetisi, di liga elite dunia selalu ada Tim Kuda Hitam. Mengejutkan. Mengobrak-abrik prediksi para pengamat. Di liga Inggris sebut saja, misalnya Everton, dan Porstmouth. Di Liga Italy Chievo dan juga Palermo pernah tampil mengejutkan. Di Liga Spanyol ada Getafe . Di ajang Piala Dunia, Tim Kuda Hitam paling fenomenal adalah Korea Selatan. Di Piala dunia 2002 mereka tembus sampai semifinal.

Tidak semua tim kuda hitam itu mencapai puncak. Klub-klub yang disebut di atas akhirnya memang keteteran di pertengahan kompetisi. Beberapa malah nggak mencetak hasil memuaskan di akhir kompetisi. Dalam menjalani kompetisi panjang, semangat saja memang nggak cukup. Perlu ditunjang stamina dan mental. Tapi setidaknya kehadiran mereka sebagai kuda hitam cukup membuat orang tercengang.

Hidup ini nggak selalu bisa diprediksi. Perhitungan “di atas kertas”, nggak serta merta yang terjadi pula dalam kenyataan. Selalu ada kejutan. Maka sungguh bijak kalau kita memberi ruang pada fleksibilitas. Nggak kaku dan beku dengan sebuah rencana atau “perhitungan”.

Begitulah. Kejutan kerap mewarnai kehidupan manusia. Artinya apa? Artinya kalau kita ini “biasa-biasa” saja, “dibawah angin” jangan minder. Yang penting tetap berusaha memberi yang terbaik. Siapa tahu dari upaya maksimal kita lahir kejutan kan. Sebaliknya kalau kita “diatas angin”, jangan terus menjadi sombong. Jangan anggap remeh apa pun. Sebab bisa saja yang nggak kita prediksi bakal terjadi, justru itu yang terjadi. Kuncinya adalah eling lan waspada. (Ayub Yahya)

No comments: