Thursday, February 12, 2009

Catatan Hari Ini 031


Gak Usah


Kamu mungkin akan bertemu -- lebih dari itu, "terpaksa" bergaul -- dengan orang yang gak menyukaimu. Entah karena alasan yang jelas, misalnya ia pernah tersinggung denganmu. Entah juga karena alasan yang gak jelas. Ada kan orang yang bawaanya tuh "ciong", melihatmu seperti kucing melihat anjing. Walau mungkin ia gak bilang, tetapi lainlah dari sikapnya.

Bila demikian keadaannya, yang pertama-tama harus kamu lakukan adalah tetap tenang. Gak usah merasa tertekan. Suka gak suka itu hak setiap orang kok. Kamu gak bisa melarang seseorang untuk gak menyukaimu. Dan gak usah juga terbawa emosi; ikut-ikutan bersikap "konfrontatif". Sikap seperti itu gak membawa manfaat apa-apa, malah bisa merugikan.

Lalu bagaimana? Sebisa-bisanya baikin ia. Kadang kebaikan itu bisa menjadi pembalasan paling telak untuk sebuah keburukan. Tetapi juga jangan terlalu "mengada-ngada" sampai kesannya malah kayak orang "nyogok". Natural saja. Kalau ia tetap gak menyukaimu, ya sudah, biarin saja. Serahkan pada waktu untuk "mengadili". Yang penting kamu gak membencinya, dan jauh dari niat buruk terhadapnya.

No comments: