Wednesday, February 18, 2009

Catatan Hari Ini 035


Tubuh


Tubuhmu punya kehendaknya sendiri. Bajik dan bijaklah menanganinya. Kalau ia lelah, letih, atau mulai flu dan sebangsanya, itu tanda ia minta istirahat. Maka berilah ia waktu untuk beristirahat. Biarkan ia rileks. Jangan memforsirnya. Sebab kalau sampai ia ambruk, kamu sendiri yang repot. Gak bisa kerja maksimal, atau malah gak bisa kerja apa-apa.

Tetapi jangan juga segala kemauannya selalu diikuti. Jangan. Ada saatnya ia malas; susah diajak kerja, susah diajak bergerak. Inginnya tiduran terus, leha-leha terus. Bila demikian adanya, gak usah ragu untuk "memaksanya". Sebab kalau kemalasannya diikuti, bisa-bisa ia keterusan. Lama-lama malah jadi loyo dan letoy.

Intinya, kasihilah tubuhmu; rawat ia sebaik-baiknya, jaga ia sebenar-benarnya -- Jangan lupa, mengasihi gak berarti selalu memenuhi apa yang ia mau atau senangi; ada kalanya mengasihi berarti berkata "tidak", untuk sesuatu yang justru bisa merugikannya -- Bila tubuhmu sehat terjaga, cerah terawat, maka kamu sendiri pun akan merasakan manfaatnya.

No comments: