Tuesday, September 04, 2007

Cerita Hari Ini - 058


Tol


Siang ke Sentosa. Seminggu ini Kezia dan Karen libur sekolah. Kita sudah member. Lumayan hemat. Untuk family 50 $ setahun. Selain gratis masuk dengan monorel, di beberapa tempat makan dan arena bermain di dalam juga dapat diskon. Di kawasan wisata lain -- Science Centre, Zoo, Bird Park -- juga bisa member.

Baca Kompas on-line di Jakarta lagi ramai kenaikan tarif jalan tol. Rata-rata 20%. Terakhir kali 13 ruas jalan tol mengalami kenaikan tarif tahun 2005. Kayaknya cuma di Indonesia tarif jalan tol makin lama makin naik. Setahu saya, di luar negeri tarif jalan tol itu makin lama justru makin turun. Ngoshh!!

Yang aneh alasannya. Katanya untuk menarik minat investor jalan tol dan supaya pengelola jalan tol bisa efisien hingga bisa investasi bangun jalan tol lagi. Lakadalah. Wong selama ini pelayanan jalan tol payah koq. Macet -- sampai diplesetin tol = tetep ora lancar -- derek liar, fasilitas penerangan, kualitas jalan. Ngosh!!

Protes bermunculan dari berbagai kalangan. Tapi rupanya pemerintah punya "hitung-hitungan" sendiri. Semoga "kalkulator" pemerintah turut menghitung beban rakyat. Kenaikan harga bahan pokok + kenaikan tarif tol + kenaikan tarif angkutan + kenaikan BBM + kenaikan TDL + kenaikan lainnya. Sigh!!

No comments: