Wednesday, September 05, 2007

Cerita Hari Ini - 060


Museum


Siang bareng Dewi, Kezia dan Karen ke Museum Nasional di Orchard. Menurut saya itu salah satu tempat terbaik di Singapore, selain Esplanade dan National Library. Bagus banget. Sudah lama sebenarnya saya pengen ngajak anak-anak ke sana. Baru sempet. Pas mereka lagi libur juga.

Museum itu dibuka pertama kali 1887 oleh Sir Frederick Weld. Awalnya disebut Raffles Library and Museum. Untuk menghormati Sir Stamford Raffles, founder Singapore yang memang sangat concern terhadap pengembangan warisan budaya. 1965 museum dipisah dari perpustakaan. 2003 direnovasi. Akhir 2006 dibuka lagi.

Isinya segala hal berkenaan dengan Singapore tempo doeloe; foto, film, musik, model pakaian, dsb. Sangat interisting. Sayang ga bisa ngelihat semua. Waktunya ga keburu. Jadi ngebayangin, gimana kira-kira orang 100-200 tahun di masa depan ngelihat keadaan dan cara hidup kita yang hidup di zaman sekarang?

Tiba-tiba saya jadi ngerasa absurd. Segala yang ada sekarang akan jadi masa lalu. Saat ini ada besok-lusa tiada. Arrgghh. Maka memang yang terbaik tuh nikmati dan gunakan masa sekarang sebaik-baiknya. Semoga apa yang kita bikin sekarang kelak jadi kenangan indah dan layak "dimuseumkan".

No comments: