Monday, September 10, 2007

Cerita Hari Ini - 065


Imajinasi



Dari pagi gerimis. Libur ngantor. Ga kemana-mana. Tempo hari pulang dari Kalimantan, saya sempet ke rumah kakak di Jakarta. Ambil map-map berisi kumpulan makalah dan naskah yang dulu saya tulis. Tadi iseng saya baca-baca lagi. Lumayan banyak. Ada beberapa naskah yang belum selesai.

Dua naskah novel anak-anak; satu sudah 90 persen jadi, satu lagi belum separoh. Ada juga naskah sekuel buku dongeng saya, “Rangga Bocah Ajaib.” Juga belum selesai. Jujur saya “kagum” dengan diri sendiri. Hehehe. Eit, tunggu dulu. Bukannya narsis. Cuma ga nyangka saja, dulu koq saya bisa berimajinasi segitunya :).

Sekarang saya "gagap" kalau nulis fiksi. Pernah nyoba lagi waktu diminta ngebukuin skenario film Medley -- yang beberapa bulan lagi akan release. Cuma bingung mau mulai dari mana. Terus mandeg. Mungkin karena sudah terlanjur "terformat" nulis yang "real", jadi kemampuan berimajinasi saya "hilang".

Howard Gardner -- pakar pendidikan yang memperkenalkan teori Multiple Intelligence --memasukkan kemampuan berimajinasi sebagai salah satu pembentuk kecerdasan seseorang. Dan imajinasi itu harus terus dirangsang, diasah, dan ditumbuhkembangkan. Kalau ga “dipakai” ya bisa terkubur.

No comments: