Friday, April 20, 2007

Sporty Friday - 01


Bersepeda: Fisik


Tour de France adalah lomba balap sepeda tahunan paling bergengsi. Para pembalap berlaga dalam sebuah perlombaan panjang dan berat. Lomba yang sudah diselenggarakan sejak 1903 ini mengharuskan pembalap menyusuri Perancis selama tiga minggu. Etape yang sulit termasuk rute mendaki yang berat di Alpe d’Huez, Mont Ventoux dan Pyrenees. Konon jarak vertikalnya setara dengan mendaki tiga Gunung Everest.

Di lomba ini tercatat nama Lance Armstrong. Pembalap Amerika Serikat pemegang rekor juara Tour de France tujuh kali berturut-turut (1999-2005). Yang luar biasa prestasi yang dicapainya itu justru setelah vonis kanker testis yang diterimanya di tahun 1996. Ia harus menjalani kemoterapi rutin dan operasi besar karena kanker yang telah menjalar hingga ke otak dan paru-parunya. Ketika itu ia telah divonis hanya punya kesempatan hidup 40%.

Dalam keterbatasan fisiknya, ia tidak kehilangan kegigihannya. Lance Armstrong terkenal dengan semangat perjuangannya bertema “Live Strong” yang ditandai dengan penggunaan gelang karet berwarna kuning di tangan. Ia memotivasi banyak orang untuk tidak menyerah dengan keterbatasan dalam berprestasi. Dan ia berhasil.

Begitulah, keterbatasan fisik bukan akhir zaman. Kuncinya ada di kita. Ketika kesulitan datang menghujam. Kita bisa memilih, tenggelam dalam penyesalan dan keluhan. Atau membalikkan keadaan dengan semangat dan ketekunan. Adalah baik bila kita bisa menerima diri apa adanya. Tapi adalah hebat bila kita bisa mengubah kekurangan menjadi kekuatan. (Ayub Yahya)

No comments: