Friday, April 27, 2007

Sporty Friday - 02


Sepakbola: Sahabat



Juventus terlibat skandal Calciopoli, pengaturan skor di Liga Italia. Para petinggi klub satu persatu diperiksa pihak berwajib. Direktur Pengelola, Antonio Giraudo juga Direktur Umum, Luciano Moggi terlibat. Hasilnya? Juve kena hukuman telak. Mereka harus memulai musim 2006 ini dengan degradasi ke seri B. dengan poin minus 17. Juve juga harus merelakan gelar juara Lega Calcio dua tahun berturut-turut ikut dicabut. Kerugian finansial akibat sanksi yang mereka terima mencapai 92 juta pound. Setara Rp.1,58 Trilyun.

Dalam kondisi seperti itu, wajar kalau kemudian banyak orang yang menjauhi Juve. Menyelamatkan diri sebelum turut tenggelam bersama kapal bocor itu. Mulai dari Manajer Juve Fabio Capello hingga para pemain bintangnya. Fabio Cannavaro, Emerson, Lilian Thuram, Gianluca Zambrotta, Patrick Vierra dan Zlatan Ibrahimovic hengkang. Total sembilan pemain pergi meninggalkan La Vecchia Signora. Alasannya beragam. Intinya kebanyakan mereka nggak mau bermain di Seri B. Karena “nilai” mereka akan berkurang.

Bak sudah jatuh tertimpa tangga. Begitulah kondisi Juve. Menghadapi sanksi berat. Berurusan dengan pihak berwajib. Terancam kehilangan penghasilan. Digembosi para pemainnya sendiri. Lalu habiskah Juve? Nyaris. Tapi tidak habis. Karena nggak semua kawan pergi. Ada Pavel Nedved, David Trezequet, Alessandro Del Pierro dan Gianluigi Buffon yang tetap bertahan di Juventus. Mereka bukan pemain kacangan. Tapi para pemain terbaik dunia.

Sahabat sejati tidak akan pernah meninggalkan kita, dalam keadaan apapun. Entah saat kita bahagia pun saat kita terpuruk. Ia akan bertanya tanpa menghakimi. Ia akan menasehati tanpa menggurui. Kualitas seorang sahabat akan teruji saat menghadapi penderitaan dan kesusahan. Ia tak pernah pergi hanya karena kebodohan dan kesalahan kita. Ia tak pernah ada di seberang. Friend always stay. (Ayub Yahya)

2 comments:

Davis Yohanes Arifin said...

Masih ada Camoranesi juga, Pak. :) Sayap Italia.

ayub yahya said...

hehehe, iya, vis, makasih buat tambahan info :)