Saturday, February 03, 2007

Bicara Cinta - 03

Love is the air…
Love is Giving
Bicara Cinta. Rubrik rutin dalam rangka menyambut hari Valentine.


Para tokoh terkenal dunia menunjukkan bahwa kekayaan dan kemasyuran yang mereka miliki bisa digunakan untuk menebar kasih kepada orang lain :

* Jane Addams, wanita Amerika pertama penerima Nobel Perdamaian - Pendiri Hull House, salah satu rumah singgah pertama di Amerika.
* William Allen (Quaker) - pendiri dan penyumbang berbagai lembaga termasuk 'Schools of Industry' di Lindfield dan Newington Academy for Girls
* Warren Buffett - menyumbangkan dana setara USD$30.7 miliar dari saham Berkshire Hathaway stock kepada Bill and Melinda Gates Foundation dan The Warren Buffet donation
* Andrew Carnegie - menyumbang dana kepada lebih dari 2500 perpustakaan di seluruh dunia. Pendiri The Carnegie Foundation dan The Carnegie Endowment for International Peace.
* Henry Ford - Turut mendirikan Ford Foundation.
* J. Paul Getty - Mendanai pembangunan Getty Villa, Getty Museum yang asli, dan menyumbangkan koleksi benda seninya ke museum itu. Setelah meninggal dunia, ia meninggalkan warisannya untuk Getty Museum, yang kemudian dikembangkan menjadi Getty Center di Los Angeles.
* Paul Mellon - penyumbang utama dalam bidang seni dan pendidikan, dan turut mendirikan Andrew W. Mellon Foundation.
* Linus Pauling - Menyumbangkan waktu dan tenaga serta dana pribadi untuk menyadarkan dunia akan bahaya uji coba senajata nuklir bawah tanah.
* John D. Rockefeller, Jr. - Secara dramatis mengembangkan the Rockefeller Foundation dan Rockefeller University. Ia juga membeli dan menyumbangkan lahan di Manhattan dimana berdiri markas besar United Nations PBB.
* John D. Rockefeller 3rd - Generasi ketiga Rockefeller, seorang philanthropist dan pendiri the Asia Society (1956), the Population Council (1952) dan a reconstituted Japan Society, ia pernah menjadi ketua Rockefeller Foundation selama 20 tahun. Ia mendirikan Rockefeller Public Service Awards di tahun 1958. Diantaranya, ia adalah aktor dibelakang pembangunan landmark Lincoln Center, dibangun antara tahun 1959 dan 1966, di New York City.
* Gary Sinise - Turut mendirikan Operation Iraqi Children.
* Mother Teresa - pendiri Missionaries of Charity. Karyanya kepada kaum miskin di Calcutta membuat namanya dikenal di seluruh dunia
* Romo Mangun Wijaya - Membangun perumahan untuk para tuna wisma di Kali Code, Yogyakarta. Dan mengembangkan sistem pendidikan murah dan bermutu buat masyarakat Kedungombo, Jawa Tengah.
* Lumi - Pendiri Kampus Diakonia Modern, rumah singgah dan pendampingan para gelandangan di Jakarta.
* Venerable Ho Yuen Hoe - Pendiri Man Fut Tong Nursing Home, rumah singgah untuk para wanita miskin papa di Singapore.
* Dan banyak lagi.

Ayah’s Thought of Love :
Cepat atau lambat kita tidak akan ada lagi di dunia ini. "Jejak" apakah yang akan kita tinggalkan? Semoga "jejak cinta". Jejak kecil pun jadilah. Dan tidak perlu menjadi orang besar.

No comments: