Wednesday, February 21, 2007

Wednesday's Games Idea - 30


Informasi Tidak Benar


Jumlah peserta: Tidak terbatas. Untuk menghemat waktu apabila jumlah peserta banyak bagi ke dalam beberapa kelompok beranggotakan 5-7 orang.
Waktu yang dibutuhkan : 30 - 45menit
Aturan permainan :
Setelah semua peserta masuk ke dalam kelompok. Minta mereka memperkenalkan dirinya masing-masing kepada anggota kelompoknya. Setiap peserta harus memberikan informasi tentang dirinya, misal nama, asal daerah, hobi, alamat tempat tinggal dan makanan kesukaan. Tapi mintalah mereka untuk memberikan satu informasi yang tidak benar. Misalnya asal daerah atau hobi. Kemudian setelah semua anggota kelompok memperkenalkan diri, mintalah semua anggota kelompok untuk saling mencari informasi mana yang tidak benar dari setiap peserta. Diskusikan mengapa ada yang sangat pintar menyimpan informasi yang sesungguhnya. Ada juga orang yang begitu mudah ditebak bohong atau tidaknya.
Tujuan permainan :
Sering kita tidak tahu-menahu tentang teman kita. Sebagian disebabkan karena kelihaian seseorang menutup diri, menyembunyikan perasaan atau masalah yang dialaminya. Tapi sebagian besar lebih karena ketidakpedulian kita terhadap orang lain.

No comments: