Sunday, February 18, 2007

Chinese Tradition - 04


Makanan Chinese New Year
Chinese Tradition. Rubrik rutin dalam rangka menyambut Chinese New Year


Makanan yang disediakan saat Imlek cenderung lebih manis dari biasanya. Menggambarkan harapan, supaya di tahun yang baru mendapatkan kehidupan yang lebih manis. Di Indonesia hidangan yang tersedia biasanya dipilih yang namanya punya bunyi yang sama dengan kata keselamatan, kemakmuran, panjang umur atau kebahagiaan.

Antara lain, kue keranjang. Biasanya kue disusun ke atas dengan kue moho atau kue mangkok berwarna merah di bagian atasnya. Harapan yang terkandung di dalamnya adalah kehidupan manis yang kian menanjak dan mekar seperti kue mangkok. Terus, kue lapis atau lapis legit. Konon, kue itu melambangkan rezeki yang diharapkan datang berlapis-lapis. Selain itu ada juga kue ku merah, kue lapis, wajik coklat, nagasari, kue moho atau kue mangkok, kue bugis, kue lemper, madu mongso, coro bikang, ketan tetal dan bongko.

Manisannya tangkue, angco (kurma merah, bisa diganti dengan manisan ceremai warna merah. Biasanya manisan ini disajikan dalam piring-piring kecil atau ditusuk-tusuk seperti sate dan ditata di atas meja khusus bernama cenap.

Buah-buahannya adalah pisang raja atau pisang mas 1 sisir, tebu, srikaya, jeruk bali (lengkap dengan tangkai dan daunnya), belimbing, jeruk lokam, kelengkeng, nanas dan delima merah. Biasanya buah-buahan ini dihias atau dibungkus dengan kertas minyak warna merah.

Juga masakan ca rebung iris kasar (di dalamnya kadang disertakan juhi, haisom, abalone dan taoco) ca rebung iris halus (bersama kepiting, udang, atau hisit), daging masak kecap (biasanya digunakan daging babi), sosis daging masak kecap , masakan dari kaki, masakan dari paru, masakan dari lambung, sate daging ayam (dimasak bersama taoco dan facai), opor ayam, sambal goreng (ampela, hati ayam, dan petai) dan mi goreng. (dari kompas.com)
Ayah's Point of View :
Happy Chinese New Year. Sambil terus mengingat, bahwa perayaan apapun, hendaknya jadi momentum. Menuju ke arah yang lebih baik. Dalam relasi dengan diri sendiri. Dengan orang lain. Dan terutama dengan Sang Khalik.

No comments: