Thursday, February 15, 2007

Catatan Harian

Day - 46

Rabu, 14 Februari 2007 -- Saya suka Jambu Bangkok. Yang manis dan mengkal. Tapi saya ga suka bijinya. Dimakan gemelutuk di gigi. Ga enak gitu. Ga dimakan ribet. Tadi ada teman yang ngasih Jambu Bangkok tanpa biji. Seedless guava. Enak. Saya baru tahu ada Jambu Bangkok tanpa biji :). Berkat rekayasa genetika. Teknologi manusia makin canggih. Tidak saja dalam hal perangkat kerasnya, tapi perangkat lunaknya.

Mulai dari alat rumah tangga, sampai barang elektronika. Mulai dari bom nuklir, sampai rekayasa genetika. Tentang rekasaya genetika manusia bahkan melangkah makin jauh. Awalnya diterapkan pada tumbuhan. Yang paling sederhana kayak sistim stek. Terus makin canggih. Benih dipisahkan di laboratorium. Dicampur ini dan itu. Disilang begini dan begitu. Tujuannya untuk menciptakan "hasil yang lebih potensial”.

Lalu merambah ke hewan. Kayak Dolly, domba kloning pertama. Kloning loh. Bukan kelonin :). Gimana nanti kalau diterapkan ke manusia coba?! Bayangkan kalau misalnya, bayi yang lahir bisa dibikin jadi super cakep, berotak super jenius, bertubuh super tangguh. Konon sekarang jenis kelamin bayi sudah bisa dipesan loh. Jangan-jangan kelak orang jahat dan orang baik bisa dibikin juga. Ckckck.

Imajinasi manusia ga bisa dianggap remeh. Manusia mutan dan perang luar angkasa kayak di film-film futuristsik suatu saat bisa saja kejadian. Dulu manusia ke bulan tuh hanya imajinasi. Sekarang terbukti kan. Terlepas dari segala kontroversi, keingintahuan manusia di satu sisi ada baiknyalah. Tapi kalau ga hati-hati, bisa membawa petaka. Terutama bila ga dibarengin dengan kemampuan untuk mengendalikannya. Btw, met Valentine. Today and everyday!

2 comments:

Anonymous said...

untuk 1 dolly yang sukses (yang digembor2kan), ada sekitar 200 yang gagal dan mati bahkan mati mengenaskan dan mengerikan dalam bentuk dan rupa yang bermacam2 (yang tidak pernah di-expose)...

sekarangpun, dolly juga udah mati...premature aging katanya...

coba bayangkan kalau hal ini dilakukan terhadap manusia...

Happy Valentine Day & Happy Chinese New Year utk Pak Ayub sekeluarga dan semua pembaca !!!

ayub yahya said...

hi gbee, thx tambahan infonya. betul, itu juga salah satu ketidaksetujuan banyaka orang terhdap cloning. happy-happy... valentine n cny :)