Tuesday, February 06, 2007

Catatan Harian

Day 55

Senin, 5 Februari 2007 - Dapat kiriman foto-foto banjir seputar Kayu Putih dan Kelapa Gading via imel. Parah sekali. Sad. Halaman GKI Kayu Putih air hampir selutut orang dewasa. Jalan Bulevar Kelapa Gading benar-benar seperti sungai besar. Rakit kayu dan perahu karet seliweran. Malah juga jetski. Kebayang orang-orang yang tinggal di sepanjang kali Ciliwung. Pasti lebih parah.

Siang ke Shop n Save di West Mall. Belanja sehari-hari. Di sini tuh saya sering ngelihat orang-orang tua masih bekerja. Diatas 60 tahun. Bahkan diatas 70 tahun. Kalau pria biasanya sopir taxi atau sopir bus. Kalau wanita bekerja di food court. Beresin piring dan gelas. Ada juga yang bersihin toilet di mall. Atau jualan tissue dan ice cream di pinggir jalan.

Kata teman orang-orang tua itu ga semua miskin loh. Banyak dari mereka yang bekerja bukan karena uang. Tapi just untuk cari kegiatan. Supaya ga nganggur. Jadi ga pikun. Merasa berguna. Punya semangat hidup. Good-lah. Kerja apa pun harusnya oke kan. Yang penting halal. Kerja ga melulu identik dengan cari uang. Tapi juga sebagai olah raga, olah otak, olah hati. Cuma ya harus disesuaikan dengan kemampuan fisik juga.

Di Indonesia hampir ga ada orang tua yang bekerja begitu. Bisa karena “gengsi” keluarga. Mana ada kan keluarga kelas menengah yang ngijinin orang tuanya bekerja jadi pembersih toilet di mal atau pelayan restoran. Bisa juga karena lapangan kerja yang sempit. Orang muda yang mau bekerja di sektor itu berebut. Tapi dalam kasus sebaliknya karena kemiskinan, ga jarang malah orang tua yang bekerja melebihi porsinya. Misalya nge-becak.

No comments: