Friday, February 16, 2007

Chinese Tradition - 02


Sejarah Sumpit
Chinese Tradition. Rubrik rutin dalam rangka menyambut Chinese New Year

Beberapa negara Asia seperti China, Jepang, Korean dan Vietnam, orang makan menggunakan sumpit. Sumpit adalah dua kayu panjang, tipis dan agak runcing. Biasanya terbuat dari bambu, plastik, porselen, tulang bintang, dan lain-lain.

Orang China sudah menggunakan sumpit selama lebih dari 5.000 tahun. Orang memasak makanan dalam belanga besar,dan menggunakan ranting untuk membersihkannya. Waktu berlalu, populasi bertambah,orang mulai menggunakan kayu dan memecah makanan menjadi potongan kecil supaya lebih mudah memasaknya. Bagian kecil dari makanan bisa dimakan tanpa menggunakan pisau dan ranting kemudian berubah menjadi sumpit sebagaimana yang dikenal sekarang.

Orang percaya bahwa Confucius yang hidup kurang lebih pada tahun 551 sampai 479 SM merupakan salah seorang yang berpengaruh dalam pengembangan sumpit. Ia percaya bahwa menggunakan pisau mengingatkan orang pada rumah potong dan terlalu berbahaya jika digunakan di meja makan. Confucius adalah seorang vegetarian.

Ayah’s Point of View :
Teknologi boleh berkembang dengan sangat pesat. Namun kerap banyak hal sederhana di masa lalu yang masih layak dipertahankan. Dilestarikan dan dikembangkan.

No comments: