Saturday, September 01, 2007

Cerita Hari Ini - 055


Ahok


Siang lunch sama Basuki Tjahaya Purnama (Ahok), mantan Bupati Belitung Timur. Penerima penghargaan Penyelenggara Negara Anti Korupsi 2006. Ia mundur dari jabatan Bupati untuk mencalonkan diri menjadi Gubernur Bangka Belitung. GPBB mengundang ia untuk memberi ceramah tentang Indonesia Kini dan Esok.

Ahok ini unik. Terbilang masih muda. 41 tahun. S1 Geodesi Trisakti, S2 MM Prasetya Mulya, pengusaha cukup sukses, keturunan Tionghoa, Ketua Majelis sebuah gereja besar di Jakarta. Lalu memutuskan terjun ke dunia politik hingga menjadi Bupati -- orang Tionghoa pertama yang jadi Bupati -- Saya pernah baca ulasan tentang ia di koran Kompas.

Ngobrol dengannya asyik. Jauh dari kesan formal mantan pejabat pemerintah. Ia bilang awalnya buta soal politik, tapi pengalamannya sebagai anggota majelis gereja banyak sekali membantu. Katanya, gereja adalah "akademi politik terbaik". Setuju. Hehehe. Saya salut untuk keberaniannya dan "kenyelenehannya".

Luar biasanya lagi ia berhasil membuktikan, bahwa atribut kekristenannya bukan penghalang untuk berkarya secara positif di daerah yang mayoritas non Kristen. Good. Andai saja semua pejabat Indonesia melihat jabatan sebagai panggilan untuk berbuat baik bagi bangsa dan negara, bukan sebagai kesempatan mengeruk kekayaan.

No comments: