Thursday, September 27, 2007

PENGUMUMAN

Seperti yang sudah dipublikasikan di blog ini, bahwa dua buku saya "Bila Pendeta Buka Kartu" dan "Bila Pendeta Buka Kartu Lagi" telah diterbitkan dan beredar.

Saya baru membaca kedua buku itu dua hari lalu. Dan saya benar-benar "shock", kecewa, dan marah, karena ternyata keduanya sudah sangat berubah dari naskah asli (yang awalnya dari Catatan Harian di blog dan sudah saya revisi banyak). Dari sisi pembahasaan: editor rupanya telah menulis ulang hampir seluruhnya; mengganti banyak kata, menghilangkan emoction, mengkalimatkan kembali dengan gaya bahasa resmi dan kaku. Dari sisi makna: editor telah menafsirkan bayak kata dan kalimat, lalu menerjemahkan ke dalam bahasanya sendiri secara tidak tepat dan menimbulkan mis-persepsi.

Saya sama sekali tidak diberi konfirmasi dengan perubahan tsb. Saya sudah mengajukan protes keras kepada penerbit. Dan meminta kedua buku ditarik dari peredaran. Penerbit sudah merespon positif. Dan sudah mengambil langkah-langkah yang baik. Tapi karena sudah sempet beredar maka tentunya sudah ada buku yang jatuh ke tangan pembaca.

Maka melalui kesempatan ini, saya nyatakan bahwa kedua buku tersebut TIDAK mewakili apa yang saya rasa dan pikirkan. Segala ketidakkonsistenan, ketidaktepatan, kejanggalan, bukan tanggung jawab saya.

3 comments:

Anonymous said...

Sebaiknya pengumuman ini disebarluaskan di toko-toko buku, Pak. Gbu.

Davis Yohanes Arifin said...

pak ayub, blog-nya belum update lagi ya? kapan mulai lagi?

Anonymous said...

kalau naskah aselinya diterbitkan lagi, pengumuman ini sebaiknya dimasukkan juga ke buku itu, pak