Thursday, September 13, 2007

Cerita Hari Ini - 068


Rejeki


Dari penyisihan grup kejuaraan sepakbola Piala Eropa. Ga ada kejutan. Kecuali Perancis yang kalah 0-1 dari Skotlandia. Bertindak sebagai tuan rumah. Bermain lebih baik. Menguasai pertandingan. Tapi justru kalah dengan satu gol yang dicetak oleh McFadden. Sungguh ga adil rasanya. Itulah sepakbola.

Seperti juga hidup. Suka ga adil. Ada orang yang sudah banting tulang bekerja, rejekinya ya segitu-gitunya. Tapi ada orang yang kayaknya tuh gampang saja dapat rejeki. Makanya saya ga setuju kalau orang miskin selalu dikaitkan dengan kemalasan. Ga semua. Ga sedikit juga kan orang yang rajin tapi tetap saja miskin.

Mama saya sering bilang, "Rejeki ada yang ngatur." Saya setuju dengan ungkapan itu. Setiap orang punya bagian masing-masing. Jadi walau kita sudah bekerja begitu keras, tapi kalau bagian kita cuma segitu, ya segitu. Sebaliknya kalau memang sudah bagian kita, ga akan lari ke mana deh.

Lalu bagaimana tahunya, ini bagian kita itu bukan bagian kita? Ga ada cara lain selain dengan berusaha. Kerjakan bagian kita sebaik-baiknya, selebihnya serahkan kepada kebijaksanaan Sang Khalik. Bekerja dan berserah -- Mulai lagi nih "penyakit" lama: flu dan sariawan. Saya ga telateni sih makan tomat, timun dan sayur-sayuran.

No comments: