Wednesday, September 12, 2007

Cerita Hari Ini - 067


Belum


Siang makan di food court depan gereja. Ayam Penyet. Yang jual ibu asal Jawa Timur. Ia menikah sama orang Singapore. Sudah 10 tahun tinggal di sini. Bahasa Inggrisnya bagus. Walau dengan aksen Jawa Timuran yang kental. Katanya ia juga bisa Bahasa Mandarin. Ia ga secara khusus kursus. Learning by doing.

Belajar bahasa memang ga ada cara lain, selain dengan menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Dulu saya kuliah di Jogja 5 tahun, ga membuat saya lancar bahasa Jawa. Kecuali sitik-sitik. Habis sehari-hari pakai bahasa Indonesia. Jangan-jangan sampai 5 tahun di sini pun saya tetap saja ga lancar bahasa Inggris :).

Sehari-hari lingkungan orang Indonesia. Padahal kelemahan saya kalau ga terpaksa, ga jalan. Jadi apa-apa tuh harus terdesak dulu, baru mau belajar. Juga soal bahasa. Parahnya pula saya tahu kelemahan itu, tapi ga juga bisa memperbaiki. Mungkin karena belum terpaksa juga. Atau karena prinsip hidup saja: mengalir. Hehehe.

Dengar di berita, tadi sore Bengkulu gempa. 7,8 Skala Richter. Mengimbas ke beberapa daerah lain. Goncangannya juga terasa sampai ke sini. Potensi tsunami. Duh! Semoga kerusakan dan korban jiwa ga separah Jogja -- Malam ada rapat di gereja Orchard. Pulang jam 10-an. Naik bis berjubel. Sampai rumah jam 11an.

No comments: