Friday, September 07, 2007

Cerita Hari Ini - 061


Ibu Teresa


Baca di koran peringatan 10 tahun wafatnya Ibu Teresa. Seperti banyak orang lain, saya juga pengagum Ibu Teresa. Lahir di Skopje -- sekarang Ibu Kota Republik Macedonia -- 26 Agustus 1910 dengan nama Agnes Gonxha Bojaxhiu. Datang ke India 1929. Mendirikan Ordo Misionaris Kasih Sayang. Wafat 5 September 1997 di Calcutta.

Ia mengabdikan hidupnya untuk melayani orang miskin yang paling miskin; membangun sekolah, menyediakan klinik kesehatan di daerah kumuh. Karena jerihnya, tahun 1979 ia mendapat hadiah Nobel Perdamaian. Saat ini ordo yang didirikannya beranggotakan 4000 biarawati dan mengelola 600 panti asuhan.

Pernah ada orang yang komplen kepadanya, buat apa melakukan pekerjaannya itu toh ga nambah apa-apa buat gereja Katolik; yang Islam tetap mati sebagai Islam, yang Hindu tetap mati sebagai Hindu -- Ia menjawab, “Saya tidak sedang menyebarkan agama. Saya sedang menyebarkan kasih Kristus.” Sungguh menggugah.

Saya rasa ini salah satu "masalah laten" dalam upaya pekabaran injil: orang cenderung hanya menyebarkan agama Kristen, dan tidak menyebarkan kasih Kristus -- Pulang kantor mampir di pasar depan gereja, belanja buah-buahan. Malam ada acara kebersamaan anak-anak rohani di rumah.

1 comment:

crossing the river said...

kok gua ga diundang lagi ke acara anak2 rohani nich