Friday, May 04, 2007

Sporty Friday - 03


Sepakbola : Batas


Nggak ada ukuran baku, kapan “batas” itu tiba. Yang satu bisa berbeda dari yang lain. Baik kemampuan, visi, maupun kesempatan yang ada. Roger Mila pada usia 42 tahun masih berjibaku di Piala Dunia 1990 di Italy. Ia tercatat sebagai pemain tertua yang mencetak gol di Piala Dunia. Teddy Sheringham, di usia 40 masih menggelandang bersama West Ham United. Pat Jenings, Peter Shilton, dan Dino Zoff juga adalah nama deretan pemain yang tetap berkarya di usia mereka yang nggak muda.

Sekarang dengan tingkat persaingann klub makin tinggi. Klub-klub besar biasanya menjadikan usia pemain sebagai salah satu pertimbangan. Maka nggak usah heran kalau seorang Dennis Bergkamp memilih mengakhiri karirnya di usia 37 tahun. Allan Shearer, sang legenda Newcastle United pensiun di usia 36 tahun. Maradonna mengakhiri karirnya di usia 37 tahun, nggak lama setelah ia nggak lolos tes doping Piala Dunia 1994. Pele juga mengakhiri karir cemerlangnya di usia 37 tahun.

Eric Cantona bahkan memilih pensiun di usia 30 tahun. Saat ia sedang berada di puncak. Fans MU menyebutnya The King. Lain lagi Zenedine Zidane. Pemain asal Perancis itu jauh-jauh hari sebelumnya sudah mencanangkan akan mundur setelah piala dunia 2006. Walau menilik skill-nya pastilah banyak klub mau menampungnya dengan tangan terbuka. Usia Zidane 33.

Untuk segala sesuatu memang ada waktunya. Ada waktu menabur, ada waktu menuai. Ada waktu maju ada waktu mundur. Ada waktu datang ada waktu pergi. Semua yang kita miliki, cepat atau lambat, akan berlalu. Ketika sang waktu menggiring kita menapak titik batas. Terima itu dengan damai. Dengan legowo. Terima dengan sadar dan rela, bahwa waktu punya kebijaksanaan sendiri atas hidup kita. Yang nggak selalu sama dengan keinginan kita. Maka hidup akan terasa indah. (Ayub Yahya)

No comments: