Friday, January 02, 2009

Catatan Hari Ini 002


Ada Waktunya



Untuk segala sesuatu ada waktunya. Ada waktu tidur, ada waktu bangun. Ada waktu bekerja, ada waktu bermain. Ada waktu memberi, ada waktu menerima. Ada waktu tertawa, ada waktu menangis. Dan sebagainya. Yah, waktu punya kebijaksanaannya sendiri. Harmoni dan ketenangan hidup akan terwujud bila kita menyesesuaikan tindakan dan ucapan kita, pikiran dan perasaan kita, langkah dan laku kita, dengan “kehendak sang waktu”.

Sebaliknya, kalau kita abai dengan “kehendak sang waktu” – Hidup semau-maunya sendiri; waktunya bekerja malah tidur, waktunya tidur malah keluyuran, waktunya diam malah terus nyeroscos, waktunya bicara malah menutup mulut rapat-rapat, waktunya bersama keluarga malah nongkrong-nongkrong di pinggir jalan – kita akan menuai masalah. Kelihatannya sepele memang, tetapi dampaknya bisa sangat besar.

Maka, seperti pesan puisi – yang saya dapat dari imel berantai, dan yang sudah saya modifikasi ini: Sediakan waktu untuk merenung, itu sumber kejernihan. Sediakan waktu untuk tertawa, itu rahasia awet muda. Sediakan waktu untuk membaca, itu landasan kebijaksanaan. Sediakan waktu untuk mencintai dan dicintai, itu jalan menuju hidup bermakna. Sediakan waktu untuk bermimpi, itu yang membawa kita ke bintang. Sediakan waktu bersama keluarga, itu mutiara paling berharga. Sediakan waktu teduh bersama Tuhan, itu sumber sukacita dan kedamaian sejati.

No comments: