Friday, January 16, 2009

Catatan Hari Ini 016


Jelas


Segala sesuatu kalau dari awal sudah jelas -- hitam putihnya, batasan-batasannya, begini begitunya, mana yang oke mana yang gak oke -- akan lebih "enak" dan "mudah".

Bayangkan begini: kontrak kerjamu akan habis dua tahun lagi. Orang-orang kantormu berharap kamu lanjut. Tapi kamu maju mundur. Terus atau gak. Gak atau terus. Akibatnya mereka jadi maju mundur juga. Ketika waktu tinggal beberapa bulan dan ternyata kamu memutuskan untuk "cabut", gelagapanlah mereka cari penggantimu. Gak fair buat mereka.

Atau begini. Kamu punya "jatah" membeli buku dari kantormu -- kamu beli buku dan bisa claim kantor gitu -- Tapi aturannya tuh, "sesuai kebijaksanaanmu". Nah, ini kan nggak jelas. Ukuran kebijaksanaan tiap orang itu beda. Ini bisa mengundang bermacam tafsiran. Efeknya bisa mengundang berbagai omongan yang gak perlu.

Maka "jelas" itu baik. Dan perlu. Dengan kejelasan, kamu akan terbebas dari kebimbangan dan keraguan. Kamu akan melangkah dengan mantab. Mengambil keputusan dengan yakin. Firm. Dengan kejelasan, kamu juga akan terbebas dari "kericuhan" dan "kekisruhan" yang mungkin terjadi.

No comments: