Thursday, January 29, 2009

Catatan Hari Ini 023


Legowo



Masalahnya kamu suka memikirkan yang gak ada. Kamu terus berandai-andai; andai kamu begini dan begitu, andai kamu punya ini dan itu, andai kamu berteman si Anu dan si Ani. Padahal yang namanya perandaian itu bukan kenyataan. Cuma ada dalam angan-anganmu. Selama pola pikirmu begitu, selengkap apa pun hidupmu, kamu gak akan pernah puas. Dan itu hanya jadi "siksaan" buat dirimu.

Buka matamu. Buka telingamu. Lihat. Dengar. Duniamu gak kalah indah koq. Di sana pun tersedia banyak sekali kesempatan untuk kamu hidup lebih baik, lebih bermakna, lebih dekat dengan mimpi-mimpimu. Asal kamu mau legowo dengan hidupmu, bersyukur dengan apa yang ada. Betul, ada tantangannya juga. Tetapi bicara tentang tantangan, di mana pun akan kamu temui. Gak ada "tempat" di dunia ini yang bebas dari tantangan.

Hidup ini sebetulnya sederhana. Cukup jalani apa yang harus kamu jalani. Enjoy your life. Itu saja. Suka dan duka, manis dan pahit, plus dan minus, itu ibarat dua sisi pada mata uang yang sama. Kamu gak bisa hanya mau yang satu dan menolak yang lain. Dua-duanya harus kamu terima.

No comments: