Friday, January 09, 2009

Catatan Hari Ini 009


Benci



Kamu boleh marah pada seseorang; tersinggung dengan kata-katanya, jengkel dengan perbuatannya, sebal dengan sifatnya. Boleh. Tetapi jangan sekali-kali kamu membencinya. Lebih-lebih jangan menyimpannya dalam hati. Bukan apa-apa, dirimu sendiri yang rugi. Sementara orang itu mungkin tengah enak-enak tidur, kamu malah terus "morang-maring" gak karuan. Gak enak tidur, gak enak makan. Lebih celaka, kalau orang-orang lain di dekatmu ikut pula menanggung efeknya.

Kebencian seumpama penjara; bekutat dengannya, sama saja dengan menggadaikan kemerdekaanmu. Kebencian bagai virus; memeliharanya sama saja dengan membiarkan hati dan pikiranmu terus digerogoti dan dilukai. Kebencian adalah sampah; menyimpannya sama dengan menyimpan penyakit.

Lalu bagaimana? Kalau kamu bisa menjauhi orang itu, ya jauhi. Serahkan pada alam. Alam biasanya punya cara sendiri untuk menangani orang yang menjengkelkan. Tetapi kalau gak bisa menjauh, gak ada cara lain, ubah fokus pandanganmu. Lihat ia sebagai sarana Tuhan mengajarmu; mungkin untuk sabar, mungkin untuk rendah hati. Tuhan selalu punya maksud dengan membiarkan sesuatu terjadi dalam hidupmu.

No comments: