Wednesday, January 14, 2009

Catatan Hari Ini 014


Baik Buruk


Setiap orang pastilah ada baik dan buruknya. Gak ada orang yang baik melulu atau buruk melulu. Tuhan memang mendesign manusia begitu. Jadi, kenapa kamu gak melihat seseorang itu dari sisi baiknya saja? Akan lebih "sehat" buat batinmu, juga buat diri orang itu.

Kamu akan dijaga dari segala perasaan negatif -- sebangsa sebal, jengkel, kesal, eneg, geuleuh. Hatimu pun akan jadi "ringan". Gak ada beban. Kamu juga akan dijaga dari segala sikap gak poduktif. Sebab bagaimana kamu memandang seseorang akan berdampak pada sikapmu terhadapnya. Dan sikapmu terhadapnya, akan mempengaruhi pula sikapnya terhadapmu. Kalau pandanganmu positif, sikapmu juga akan positif. Kalau sikapmu positif, sikapnya juga akan positif. Se-gak-nya, gak akan terlalu negatif. Mirip dengan hukum tabur tuai-lah.

Dan yang penting pula, dengan kamu melihat seseorang itu dari sisi baiknya maka kamu akan punya kesempatan untuk belajar daripadanya. Setiap orang itu pada dasarnya adalah "guru kehidupan". Dari mereka -- siapa pun tanpa kecuali -- kamu selalu bisa belajar sesuatu. Kuncinya kamu gak membiarkan pikiran burukmu menutupi hatimu.

No comments: