Sunday, January 04, 2009

Catatan Hari Ini 004


Kata-kata


Kata-kata memiliki kekuatan mahadahsyat; untuk membangun, untuk menghancurkan; untuk menyembuhkan, untuk menyakiti; untuk memerdekakan, untuk memenjarakan; untuk membangkitkan, untuk melumpuhkan; untuk ”membakar sorga”, untuk ”memadamkan neraka”.

Karena itu saya tertegun – sungguh – ketika ia berkata, ”Untuk sekadar kamu tahu, kamu kalau sedang marah, kata-katamu bisa sangat menyakitkan.” Lalu saya tepekur dalam diam. Tercenung dalam sesal. Serasa tertohok ulu hati dengan telak. Begitukah?!

Maka, Tuhan, ajar saya, kalau perlu hajar, untuk berkata-kata hanya kalau itu menjadi berkat. Sebaliknya, tutup mulut saya rapat-rapat, ikat saya dalam diam, kalau apa yang saya katakan hanya berujung laknat; entah bagi saya sendiri, entah bagi orang lain.

No comments: