Saturday, January 03, 2009

Catatan Hari Ini 003


Sudah


Apa yang sudah terjadi gak bisa diubah. Sebesar apa pun kita ingin, dan sekeras apa pun kita berusaha. Kita ambil hikmahnya saja, pembelajaran apa yang bisa kita raih. Ibarat nasi sudah jadi bubur, tidak bisa kita kembalikan jadi nasi, tetapi setidaknya kita bisa bikin jadi bubur ayam ditambah krupuk dan sambal kacang.

Jadi tidak perlulah kita tenggelam dalam kemarahan, larut dalam penyesalan, dan terus membiarkan diri didera kekecewaan. Buat apa? Toh gak mengubah apa-apa. Gak menghapus yang sudah terjadi pula. Lihat ke depan sajalah. Move on gitu loh. Segala luka dan perih yang tersisa, biarkan waktu yang menyembuhkan.

Percaya deh. Gak ada yang kebetulan dalan hidup ini. Pasti ada benang merah yang merangkai setiap ”cerita kecil” yang terjadi dalam ”cerita besar” hidup kita. Itu akan kita pahami, ketika semuanya sudah jadi masa lalu, dan kita menengok ke belakang.

1 comment:

Paulus Iman said...

benar pak Ayub, lebih baik menerima realita dengan lapang dada dan penuh keikhlasan daripada marah2, lalu jadi dendam, itu sama aja melarikan diri dari kenyataan dan sampai kapanpun tdk akan pernah berakhir.