Thursday, January 08, 2009

Catatan Hari Ini 008


Cuek



Dalam banyak hal sebaiknya kita memang jangan cuek. Jangan cuek, misalnya, dengan penampilan, sebab bagaimana pun penampilan adalah "pintu terdepan" dalam kita berelasi dengan dunia sekitar. Jangan sampai karena penampilan yang seleboran, kita jadi mempersulit diri sendiri atau jadi batu sandungan bagi orang lain. Jangan cuek dengan kesehatan, sebab bagaimana pun mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Jangan nunggu sakit, nunggu tubuh kita ambruk, baru eling. Kesehatan adalah salah satu asset terbesar dalam hidup. Jangan cuek dengan lingkungan sekeliling, sebab bagaimana pun kita ini mahluk sosial. Kita butuh orang lain sebagaimana orang lain butuh kita.

Tapi dalam banyak hal cuek itu perlu, baik bagi kesehatan batin. Misalnya cuek dengan omongan, gerundelan, tuduhan orang yang "gak-gak". Yang penting kamu sudah melakukan bagianmu sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya. Biarkan waktu yang membuktikan. Kalau semua omongan orang terus kamu pikirin, masukin ke hati, ya repot. Kamu sendiri yang rugi. Cuek dengan orang yang sulit, bohwat, kukuay, ngeyelan, mau-maunya sendiri. Yang penting kamu sudah berusaha bilangin ia. Kalau ia tetap keukeuh dengan jalan pikiran dan prinsipnya, ya sudah. Biarkan waktu yang mengajar dan menghajarnya. Toh, apa juga untungnya buatmu kan?!

Jadi, jangan merasa bersalah kalau memang harus cuek. Cueklah kalau memang perlu. Intinya, hidup ini sudah susah, jangan tambah-tambahin susah dengan hal-hal yang gak bermutu, gak bermakna.

No comments: