Sunday, April 01, 2007

Catatan Harian

Day - 01


Sabtu, 31 Maret 2007 - Dapat imel dari pembaca blog di Perth. Di info buku Ponirun kan saya tulis: Ponirun Hit the Racks. Itu hasil "tanya" teman juga sih :). Maksudnya bahwa buku itu sudah ada di rak toko gitulah. Tapi rupanya itu salah. Dalam bahasa Inggris sekarang racks lebih diartikan sejenis alat penyiksaan. Dan malah arti slang kata itu menjurus "agak nakal" tuh. Hehehe.

Jadi kalau Ponirun Hit the Racks seolah-olah "Ponirun sedang disiksa". Kwakk. Untuk buku yang baru keluar lebih lazim dipakai kata shelves. Ponirun Hits the Shelves. Kata kerja hit diikuti "s". Present tense. Koreksi yang bagus. Thx, teman. Setiap bahasa punya "jiwa". Paling bagus ga hanya bisa "ngerti", tapi juga bisa "menjiwai". Ada kan buku yang terjemahannya "ga enak" gitu. Bisa jadi penerjemahnya ga "menjiwai" bahasa itu.

Soal bahasa saya tuh "lemah". Keinginan untuk belajar bahasa ini itu sih ada. Tapi ga tekun. Dulu pernah les Mandarin. 2 minggu berhenti. Bahasa Jerman, 3-4 kali pertemuan mundur. Inggris pun ga lancar-lancar. Beberapa kali les. Rata-rata ga ada yang tahan lebih dari sebulan. Dan ga ada yang nempel. Mungkin karena "metode" yang ga tepat. Atau ya, sayanya saja yang ga tekun. Intinya ingin saja ga cukup, perlu juga ketekunan buat ngejalaninya.

Sore pimpin persekutuan pemuda. Dedication Service. Ga pakai "tangis-tangisan". Ga pakai ruangan temaran dengan cahaya lilin. Sudah lama saya meninggalkan cara begitu :). Lanjut persekutuan keluarga senior. Dialog antara remaja dengan orang tua. Sejauh mana orang tua bisa menentukan "jalan hidup" anak. Menarik. Isu klise yang selalu relevan. Sampai di rumah jam 23-an. Besok khotbah 3 kali nehhh.

No comments: