Monday, June 26, 2006

Catatan Harian

Day - 280

Dari semalam saya mulai beresin buku. Pengennya sih semua saya bawa. Tapi mana bisa kan?! Ada empat lemari. Mau ga mau harus dipilih dan dipilah mana yang akan ditinggal. Ini susahnya. Saya suka banget sama buku. Bagi saya buku tuh harta yang sangat berharga. Makanya untuk beresinnya pun saya lakukan sendiri. Tapi ya, ada bagusnya juga sih. Semacam latihan melepaskan diri dari "kelekatan" pada benda, seberharga apa pun benda itu. Toh segala yang ada di dunia ini akan berlalu.

Pagi saya dapat SMS ini dari seorang anggota jemaat: "Sore Pak Pdt. Ayub! Suami sy n sy dah lama ingin SMS Bpk, tp br skrg kami memberanikan diri. Kebanggaan kami di grj Ky Pth krn adanya Bpk, alasannya pasti Bpk dah tau. Skrg Bpk mau 'meninggalkan' kami. Memang hak Bpk n sdh jalan-Nya. Kami sedih dan kecewa, tp tak kuasa berbuat apa2. Mudah2an sesdh selesai tugas disana, Bpk msh mau melayani di Ky Pth, tetap menjadi kebanggan kami. Pasti bnyk jemaat yg berharap spt kami. Slmt jln. Terima kasih TUHAN krn sdh mengenal Bpk. Semoga sukses di tempat baru n Bpk berjanji akan kembali pd kami, menjadi Pdeta Ky Ptih. Salam."

Pada satu sisi, saya terharu sekali. Cukup keraplah saya menerima telepon, SMS, dan ucapan senada. Ingat jemaat yang sudah begitu "dekat" sungguh, saya tuh berat banget. Di Warta Jemaat hari ini juga ada "refleksi" dari seorang anggota jemaat tentang saya. Seandainya sekarang jemaat minta saya ga usah pindah, mungkin saya pertimbangkan kembali.

Tapi pada sisi lain, mungkin justru baik pada saat seperti sekarang ini saya pindah. Sebelum nanti saya malah jadi "dikultuskan". Atau terjebak dengan "kenyamanan" ladang pelayanan. Mudah-mudahan ini hanya "ge-er" saya. Toh pasti SMS di atas ga mewakili semua anggota jemaat. Tapi katakanlah betul, justru saya yang jadi "kebanggaan" jemaat. Berarti saya telah gagal. Sebab, saya kira, dasar motivasi pelayanan harusnya: "DIA harus makin bertambah, ku harus makin berkurang." Semoga pujian, luapan sayang, rasa kehilangan dari sebagian jemaat, ga jadi pencobaan bagi saya. Tapi betapa pun jemaat GKI Kayu Putih akan tetap ada di hati saya. I love you all.

3 comments:

Anonymous said...

halo pak Ayub, wah saya balik lagi nih ke dunia blogger. Tadinya saya mau fokus buat ujian s2 baru mau ngeblog lagi, tapi demi pak Ayub ya saya balik kesini lagi deh.

Perpisahan memang selalu menyedihkan dan kadang orang2 ga ngerti. Saya waktu mau ninggalin kelompok kecil di kampus pun ( tentunya setelah masa komitmen selesai ) banyak dapet tudingan miring, dibilang ga setia ( padahal udah 3 setengah taun melayani di KK ), mau nyari duit, nyari kerja dsb.

Begitulah, orang bisa menilai apa aja, tapi kan motivasi kita Tuhan yang tau, sesuai dengan pesan bapak di kotbah tadi. di Singapura masih ngeblog kan?

ayub yahya said...

makasih pak hedge, saya kehilangan komen-komen anda loh. tentang perpisahan, iya begitulah kadang orang menilai. biar tuhan yang jadi hakim.

Anonymous said...

saya juga susah sih harus mematikan blog2 saya utk sementara waktu. saya nunggu keadaan stabil dulu baru ntar ngeblog lagi.

maklum lah kalo pikiran nggak konsen, tulisan pasti juga ga berkualitas