Saturday, January 20, 2007

Catatan Harian

Day - 72

Jumat, 19 Januari 2007 -- Di sini tuh di setiap bus stop suka ada poster berisi "artikel" atau pepatah bagus. Ditempel rapi. Kayak artikel ini. Judulnya: What Can You Do If You Only Have Six Months to Live? Lalu "sarannya" antara lain: yang pertama-tama harus Anda ingat, yaitu bahwa Anda belum mati. Saran yang simple tapi good point. Ada kan orang yang sudah merasa mati walau masih hidup ketika divonis sakit gawat.

Terus, beresin relasi yang retak dengan orang lain. Buang semua ganjalan. Lakukan kegiatan-kegiatan yang disukai; baca buku, menari cha-cha, atau apa saja. Nikmati kicau burung dari jendela rumah, pepohonan hijau yang sedap dilihat, bunga-bunga yang mekar. Habiskan waktu selama mungkin dengan orang-orang yang Anda cintai. Ada 50 buah saran. Saya ga nyatet semua. Panjang sih.

Tentang artikel itu, walaupun judulnya "What Can You Do If You Only Have Six Months to Live?" menurut saya itu bisa jadi semacam pegangan kita berapa lama lagi pun kita hidup. Toh memang akan ke sana juga. Maksudnya saran-saran itu bagus juga dipraktekkan sekarang gitu. Tanpa harus menunggu hidup kita tinggal enam bulan kan. Ada tuh kan pepatah, nikmatilah hidup seolah besok akan mati.

Siang ada rapat dengan teman-teman pendeta dan preacher dari konggregasi Inggris. Bicarain tentang acara thanks giving besok. Terus pulang dulu jemput Karen. Lalu ke gereja. Dewi ada acara Komisi Wanita. Malam ada acara Binaria. Periode kedua. Binaria tuh pembinaan untuk para pasangan yang sudah mau menikah maupun yang masih dalam proses pacaran. Pesertanya periode ini ada lima pasangan.

No comments: