Sunday, January 21, 2007

Sunny Sunday - 15


Indonesia Plus
From Indonesia With Love


Elfa Secioria dan Elfa’s Singers (yang terdiri dari Yana Julio, Lita Zein, Uci Nurul, dan Agus Wisman) melalui dua album "From Indonesia With Love" telah menjadi duta budaya. Dalam album ini ada medley lagu dari Tapanuli, Sunda, Betawi, Maluku, Timor, Sulawesi, dan Bali. Dalam khazanah musik Indonesia, sebenarnya bukan hanya Elfa yang mengekspresikan cinta Tanah Air ini melalui musik. Sebelum ini sudah ada album "Tanah Airku" (My Homeland) yang menampilkan Tri Ubaya Cakti Chorus dengan iringan Shanghai Philharmonic Orchestra. Twilite Orchestra dan Cisya Kencana Orchestra dalam sejumlah pergelarannya memainkan komposisi Nyanyian Negeriku gubahan Singgih Sanjaya yang juga memuat rangkaian lagu Tanah Air, mulai dari Bungong Jeumpa dari Aceh hingga Yamko Rambe Yamko dari Papua. Terakhir, menjelang Hari Kemerdekaan Agustus 2006, Orkes Kamar Capella Amadeus juga memainkan khazanah musik Tanah Air dengan sangat menggugah. Nyanyian "From Indonesia With Love" selain memberi rasa sukacita, juga menetaskan kembali sense of nationhood, rasa kebangsaan. Bahwa meski 300 suku dengan bahasa dan dialek berbeda itu, dengan nyanyian yang berlainan bahasa itu, semua ada dalam naungan satu ibu pertiwi. Indonesia indah yang hilang itu harus ditemukan kembali, antara lain melalui lagu-lagu elok tadi. Di tengah keterpurukannya, anak bangsa ini tak boleh kehilangan harapan. Lagu-lagu itu membenarkan peribahasa "Dum vita est, spes est". Selama masih ada hidup, harapan itu ada. (sumber:kompas.com)

Ayah’s plus point:
Banyak wadah untuk orang menunjukkan rasa cinta. Lagu, puisi, tulisan, bunga, ucapan, doa, tindakan, dll. Cinta membuat sesuatu yang biasa jadi luar biasa. Sesuatu yang hitam tidak terlihat kelam. Sesuatu yang pahit tetap dapat tertelan. Termasuk cinta kepada bangsa dan negara. Cinta jugalah yang menerbitkan harapan: Indonesia akan bangkit. Semoga.

3 comments:

Davis Yohanes Arifin said...

Sangat setuju, Pak Ayub. Jangan sampai harapan itu lenyap karena lunturnya cinta kita terhadap bangsa Indonesia. Bagaimanapun Indonesia tetap tanah air kita. =)

ayub yahya said...

davis, good. thx ya. seneng dapat pendukung. apa kabar arsenal?

Davis Yohanes Arifin said...

Menang, Pak, 2-1. Perebutan gelar juara menjadi makin rame. Kemarin Chelsea juga kalah dari Liverpool.