Wednesday, January 03, 2007

Walk in Faith - 02


Life is Beautiful
Say : Cheeeessse


  • Orang yang sering tersenyum dan tertawa akan lebih sedikit memiliki kerutan di wajahnya. Karena setiap 17 otot yang digunakan ketika tersenyum atau tertawa, membentuk suatu jaringan yang mnegencangkan kulit. Orang yang suka cemberut menggunakan 43 otot yang tidak berhubungan sehingga memperdalam kerutan wajah. (Penelitian di Amerika, dikutip dari Intisari)
  • Tersenyum dan tertawa dapat memberikan pengaruh positif terhadap penyakit-penyakit organik, termasuk penyakit yang tidak tersembuhkan. Karena tersenyum dan tertawa dapat mengurangi peredaran dua hormon yang menekan kesembuhan, yaitu epinefrin dan kortisol. (Dr Lee Berk, Imunolog dari Loma Linda University, California, AS)
  • Rasa sakit atau nyeri akan berkurang setelah tersenyum atau tertawa. Karena bisa mengalihkan perhatian dari rasa sakit. (Riset Dr. Rosemary Cogan, Texas Tech University)
  • Tersenyum dan tertawa menggerakkan otot-otot perut, dada, dan bahu, serta meningkatkan denyut jantung dan pernafasan sehingga membuat tubuh seolah-olah sedang jogging di tempat. Setelah tertawa, tubuh akan terasa lebih rileks dan tenang. (Dr. William Foy, Stanford University)
  • Tersenyum dan tertawa dapat membuat awet muda, mempererat hubungan antara atasan dan bawahan, antara kolega, antara teman, dan antara anggota keluarga (Prof.Dr. Lucille Namehow, Connecticut University)
  • Masalah yang timbul adalah semakin dewasa seseorang, semakin jarang pula ia tertawa. Anak-anak tertawa kurang lebih 400 kali dalam sehari. Sedangkan orang dewasa hanya 15 kali. (Penelitian Dr. William Foy)

Data taken from "Menuju Gaya Hidup Sehat", Albert Hutapea, Gramedia

Walk in Faith:
Jangan bilang tidak bisa tersenyum atau tertawa. Tersenyum dan Tertawa itu pilihan koq. Dan jangan pula bilang tidak ada alasan untuk tersenyum dan tertawa. Lihat ke sekeliling pandang ke sekitar, kita tidak akan pernah kekurangan alasan untuk tersenyum dan tertawa. "Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah meremukkan tulang." (Amsal 17:22).

No comments: