Thursday, January 04, 2007

Walk in Faith - 03


Life is Beautiful
Stress?? No Way!!


Pada saat memberikan kuliah tentang Management Stress, Stephen Covey mengangkat gelas air dan bertanya kepada para siswanya : "Seberapa berat menurut Anda segelas air ini ?" Para siswa menjawab mulai dari 200 gram sampai 500 gram. "Ini bukanlah masalah berat absolutnya, tapi tergantung berapa lama Anda memegangnya," kata Covey. "Jika saya memegang gelas ini selama 1 menit, tidak ada masalah. Jika saya memegangnya selama 1 jam, lengan kanan saya akan sakit. Dan jika saya memegangnya selama 1 hari penuh, mungkin Anda harus memanggil ambulans untuk saya. Beratnya sebenarnya sama, tapi semakin lama saya memegangnya, maka bebannya akan semakin terasa," Jelas Covey. "Jika kita membawa beban kita terus menerus, lambat laun kita tidak akan mampu membawanya lagi. Beban itu akan meningkat beratnya. Yang harus kita lakukan adalah meletakkan gelas tersebut, istirahat sejenak sebelum mengangkatnya lagi. Kita harus meninggalkan beban secara periodik, agar dapat lebih segar dan mampu membawanya lagi." (sumber : internet)


Kiat Atasi Stres

Berikan senyuman kepada rekan yang Anda temui.
Berikan pujian kepada orang lain.
Bersahabat dengan orang yang periang dan hidup bahagia.
Membiasakan hidup positif dalam menghadapi masalah.
Usahakan berbincang secara santai, akrab, dan komunikatif.
Memberi dorongan kepada rekan yang diajak berdialog.
Membaca buku-buku yang berisi anekdot, lawak, humor
Rutin berolahraga.
Merenungkan dan membayangkan orang yang menyenangkan.

(oleh Rich Aronow)



Walk in Faith:
Kita tidak bisa menghindarkan masalah dan hal-hal yang tidak diharapkan terjadi menimpa hidup kita. Tapi kita bisa menentukan sikap dan cara pandang kita terhadapnya. Mau terus "menggenggam" dan melihatnya seolah "kutukan". Dan karenanya hidup kita lantas menjadi begitu buruk. Ataukah kita menyikapinya dengan "mengalir". Enteng. Di sini peran iman sangat besar.

No comments: