Friday, January 05, 2007

Walk in Faith - 04


Life is Beautiful
Will Creates Way


  • Pada tanggal 22 Mei 2003, Yuichiro Miura, seorang kepala sekolah dari Sapporo Jepang menjadi orang tertua yang mampu mencapai puncak Mount Everest pada usia 70 tahun. Ia adalah satu diantara 31 orang yang berhasil mencapai puncak Everest dalam ekspedisi Miura Everest 2003.
  • Douglas Bader, kelahiran tahun 1910, terbang untuk Royal Air Force sebelum perang dunia, tapi karena sebuah kecelakaan, ia harus diamputasi kedua kakinya. Ia dikeluarkan dari RAF, tapi diijinkan untuk bergabung kembali ketika pecah perang dengan Jerman. Ia menjadi seorang pimpinan penerbangan dan berperan penting dalam peristiwa Battle of Britain dan mengembangkan berbagai taktik dan strategi yang revolusioner. Pada musim semi tahun 1941, ia telah terlibat dan memenangkan 23 pertempuran.
  • Pada bulan Mei 1998, Tom Whittaker mencatat sejarah sebagai pimpinan dari ekspedisinya sendiri untuk mendaki Mount Everest, gunung tertinggi di dunia. Tom kehilangan kedua kakinya dari lutut ke bawah dalam kecelakaan kendaraan bermotor pada tahun 1979. Tom mendaki dengan menggunakan prosthetic leg. Kisah perjalanan pendakian tersebut didokumentasikan oleh CBS dalam film, “A Footprint on Everest” dan memenangkan 1998 Teddy Awrad sebagai Best Adventure Documentary.
  • Erik Weihenmayer dari Denver, Colorado menjadi orang buta pertama yang berhasil mendaki Mount Everest pada usia 32 tahun, 25 Mei 2001. Erik mengalami kebutaan pada usia 13 tahun karena penyakit genetik yang langka pada retina yang disebut retinoschisis. Setelah kehilangan penglihatannya, ia masih terlibat aktif dalamberbagai kegiatan seperti rock climbing, menyelam, gulat dan bersepeda.
  • Hilary Lister berhasil melakukan pelayaran solo melintasi English Channel. Hilary mengalami kelumpuhan darileher ke bawah. Ia melakukan perjalanan itu dibantu dengan bantuan 4 tabung yang darinya ia menghisap dan meniup untuk mengendalikan perahunya.
  • Steve Cunningham menjadi orang buta pertama yang berhasil terbang melintasi United Kingdom. Ia dibantu dengan sebuah perangkat lunak komputer.
  • Hein Wagner menjadi pengendara buta tercepat di dunia. Ia berhasil memacu mobil Maserati merahnya dengan kecepatan 167 mph.
  • Terry Fox lahir di Winnipeg, Manitoba. Ia adalah remaja yang aktif sampai vonis kanker tulang diterimanya pada usia 18 tahun. Pada tahun 1977, Terry harus menjalani amputasi kaki kanannya 15 cm di bawah lutut. Ketika berada di rumah sakit, ia menjadi sangat bersimpati dengan para penderita kanker lainnya, yang sebagian besar adalah anak-anak. Ia bertekad untuk mengumpulkan uang untuk penelitian tentang kanker dengan cara berlari melintasi Kanada. Terry memulai Marathon of Hope pada 12 April 1980, tanpa ada yang memberi perhatian terhadap upayanya itu. Tapi Terry terus berlari. Setelah berlari selama 143 hari dan menempuh 5.373 km, Terry terpaksa berhenti karena kankernya menyebar sampai ke paru-paru. Terry meninggal pada 28 Juni 1981 dalam usia 22 tahun. Tapi apa yang dimulainya itu terus berkembang. Saat ini Terry Fox Run telah berhasil mengumpulkan dana sebesar 400 juta Dolar dari seluruh dunia untuk penelitian kanker. (informasi dikompilasi dari berbagai sumber : bbc ouch.com ; terryfoxrun.com ; usefulfacts.com)
Walk in Faith:
Kelemahan fisik tidak bisa membatasi kegigihan dan semangat pantang menyerah. Keterbatasan itu adalah produk diri kita sendiri. Siapapun sanggup keluar dari keterbatasan dirinya. Mencetak prestasi, kecil dan besar. Menjadi kebanggaan bagi diri sendiri pun orang lain. Memberi arti bagi hidup kita juga orang lain. Modalnya kemauan dan kegigihan.

No comments: