Thursday, March 01, 2007

Catatan Harian

Day - 31

Kamis, 1 Maret 2007 -- Seharian hujan. Dari semalam. Dapat SMS ini: “Rupanya saya belum lulus ujian dari Tuhan. Tumor yang disisakan masih betah nempel dan cairan di otak besar masih tampak banyak. Ini kalau lihat MRI-nya. Pantas saya masih suka pusing. Besok ketemu dokternya lagi. Terus terang saya down. Ingin nangis. Tapi di depan suami saya harus kuat. Tolong doakan ya.”

Zaman makin maju. Teknologi kedokteran makin canggih. Tapi penyakit juga makin aneh-aneh. Penyakit “baru” bermunculan. Tempo hari ada teman yang dioperasi. Katanya kista di rahim. Tapi sudah nempel dan bersatu dengan usus. Jadi harus “dibeset” gitu. Ada pula teman yang punya masalah di maagnya. Diidentifikasi kanker. Tapi belum pasti. Untuk memastikan konon harus ditembak dengan nuklir.

Zaman orang tua atau kakek nenek kita dulu, rasanya jarang banget dengar penyakit “aneh-aneh” gitu. Benar juga, bahwa sebagian besar yang terjadi pada tubuh kita itu juga ada “andil” kita. Entah gaya hidup. Pola makan. Atau juga pola kerja. Juga “andil” orang lain. Lingkungan yang ga sehat. Polusi udara. Pemanasan global.

Malam ada gladi resik teman yang mau menikah di GPO. Naik MRT. Di Ang Mo Kiu semua penumpang diturunin. Ga tahu kenapa. Dua kali saya ngalami begitu. Untung spare waktunya agak lama. Jadi tiba ga terlambat lah :). Saya ga ikut sampai selesai. Banyak hal yang harus dipersiapkan. Minggu ini bener-bener padat nih. Duh.

No comments: