Wednesday, March 14, 2007

Catatan Harian

Day - 18

Rabu, 14 Maret 2007 -- Berita dari detik.com. Di Malang, Jawa Timur, seorang ibu muda bunuh diri bersama empat anaknya. Dengan racun potasium. Keempat anaknya masih kecil-kecil. Paling besar 11 tahun. Paling kecil 2 tahun. Ia memberi racun itu terlebih dahulu pada keempat anaknya. Sempet memotretnya. Lalu ia sendiri minum. Rupanya “ritual maut” itu sudah ia persiapkan matang.

Tragis. Pilu. Ibu yang malang. Beban hidup membuat ia gelap mata. Nekad. Tekanan ekonomi. Suami jarang pulang. Sibuk dengan bisnisnya. Salah satu anaknya mengidap kelainan darah. Ga ada tempat pula just “berbagi rasa”. Kita tentu ga membenarkan tindakannya itu. Tapi kita juga perlu melihatnya dengan simpati dan empati. Bukan dengan tuduhan atau penghakiman.

Fenomena bunuh diri di Indonesia makin marak. Ini adalah potret buram masyarakat kita. Sebab bunuh diri hampir selalu melibatkan orang-orang di sekitar; langsung atau pun ga langsung, sebagai pemicu atau pun pemacu. Kabarnya 90% orang Indonesia mengidap depresi. Sebagian besar keluhan pasien di puskesmas-puskesmas berhubungan dengan masalah psikis. Sad.

Malam ada rapat di GPO. Datang kepagian. Sempet makan di Yoshinoya di Plaza Singapura. Saya suka Yoshinoya. Awal-awal di Jakarta, pertama kali saya ditraktir kakak di Yoshinoya Pondok Indah Mall. Rapat tadi banyak bicarain soal security di gereja. Beberapa kali di GPO juga GPBB orang kehilangan barang. Ga di Jakarta ga di sini. Gereja ga lagi jadi tempat yang aman. Sad.

No comments: