Wednesday, July 11, 2007

Cerita Hari Ini - 003


Makan



Pagi-pagi berdua Dewi ke pasar. Beli tomat dan mentimun. Persediaan di rumah sudah habis. Sejak tiga minggu terakhir saya membiasakan lebih banyak makan sayur, terutama tomat dan mentimun. Saya baca artikel di majalah Nirmala, "kesaksian" dr. Tan Tjiauw Liat. Di usia 76 tahun ia masih sangat fit.

Kuncinya pada pola makan. Konon sampai usia 60 tahun makannya ga terkontrol. Ia doyan makan enak. Akibatnya selain over weight, ia juga "penyakitan". Kemudian ia beralih pola makan dengan hanya makan sayur-sayuran mentah. Terutama tomat dan mentimun. Sejak itu kebugaran tubuhnya berangsur pulih.

Saya ga sampai "ekstrim" niru pola makan dr. Tan. Saya tetap makan segala macam :). Cuma lebih banyak makan sayur. Tiap hari makan tomat dan mentimun mentah. 2-3 biji. Digerogot gitu saja atau diblender. Sebetulnya saya ga suka tomat, tapi saya "paksain" makan. Hasilnya good. Sudah dua minggu ini saya ga sariawan. Flu juga agak jarang.

Selama ini saya sering banget sariawan. Kurang tidur sariawan. Banyak "pikiran" sariawan. Sekali sariawan bisa sampai 2-3 biji. Puihh. Flu lebih-lebih, bisa dibilang hampir tiap hari. Kadang malah pagi flu, siang baik, malam flu lagi. Ampun deh. Ada pepatah: "We are what we eat". Nilai rohaninya, belajar mengendalikan diri mulai dengan mengontrol makanan.

2 comments:

Anonymous said...

Halo ko Ayub, apa kabar?

Kok udah lama nggak kirim email? Apa karena sariawan terus yah... kan sekarang udah ngeganyem tomat & timun terus? Semoga sehat & ceria selalu.

Salam utk keluarga & GPBB - Emil & Lia

ayub yahya said...

hi, mil,
apa kabar? gimana sydney? betah ya sampai ga balik2 :)