Saturday, July 14, 2007

Cerita Hari Ini - 006


Friday the 13th



Hari ini hari Jumat tanggal 13. Angka 13 biasa dipercaya sebagai angka sial. Begitu juga hari jumat kerap dianggap sebagai "hari buruk”. Di banyak negara seperti Inggris, Jerman, dan Amerika hari Jumat tanggal 13 dipercaya sebagai bad-luck day. Tahun 90-an pernah tuh ada di televisi film judulnya Friday the 13th. Film horor.

Pengaruh mitos Friday the 13th ga main-main loh. Donald Dossey seorang ahli psikoterapi dalam bukunya HOLIDAY FOLKLORE, PHOBIAS AND FUN: Mythical Origins, Scientific Treatments and Superstitious "Cures", memperkirakan di Amerika saja ada 17-21 juta orang pengidap paraskevidekatriaphobia. Itu istilah psikologi untuk ketakutan berlebihan terhadap hari Jumat tanggal 13.

Dan kerugian ekonomi yang bisa ditimbulkan karena orang tidak mau bepergian, belanja, dan melakukan kegiatan bisnis apa pun pada hari itu katanya bisa mencapai 750 juta US$. Kwakk!! O ya, konon angkatan laut Amerika juga sampai saat ini ga pernah ngeluncurin kapalnya pada hari jumat tanggal 13. Hehehe. Ada-ada saja.

Siang rapat dengan teman pendeta dan preacher dari jemaat Inggris dan Mandarin. Sorenya teman ngajak mancing. Tapi karena sudah terlanjur janji dengan teman lain, jadi ga bisa ikut. Belakangan saya denger mereka ga dapat satu ekor ikan pun. Padahal biasanya sejelek-jeleknya dapatlah 2-3 ekor. Mungkin efek Friday the 13th. Hehehe.

1 comment:

Anonymous said...

hahaha..iya betul pak..
ikannya juga takut jalan2 soalnya..
takut sial..
atau berarti 13 angka keberuntungan buat si ikan ya??
hehehe