Thursday, July 26, 2007

Cerita Hari Ini - 018


Komitmen



Malam rapat Majelis Jemaat. Di sini rapat Majelis Jemaat ga lama. Paling 2-3 jam. Karena gereja harus tutup jam 22. Sedang rapat mulai jam 19.30. Di beberapa gereja di Jakarta yang namanya rapat Majelis Jemaat bisa seharian; pagi sampai sore, siang sampai malam, atau malam sampai tengah malam. Ini untungnya ada "jam malam". Hehehe.

Satu hal yang saya "takjub" dari gereja; selalu ada orang yang punya komitmen besar untuk "memberi diri". Beberapa contoh, teman yang baru pulang tugas kantor dari luar negeri nyempetin datang rapat. Teman yang sampai nge-cancel acara kantor atau yang pulang kantor lebih awal untuk ikut rapat. Juga di tingkat komisi.

Gereja "diberkati" oleh orang-orang yang berkomitmen seperti itu. Menurut saya, ini dari sisi manusianya, gereja bisa tetap "hidup" bukan karena organisasinya yang solid -- organisasi gereja biasanya malah lebih banyak bikin puyeng -- atau pendetanya yang "hebat". Tapi karena kiprah para aktivisnya yang berkomitmen teguh.

Komitmen luhur para aktivis adalah "modal" terbesar gereja. Hal yang jarang ada di organisasi lain. Tinggal tugas pendeta adalah menjaga agar "api" itu tetap menyala. Sebab ga jarang semangat demikian hanya ada di awal. Di tengah jalan mulai ngos-ngosan. Dan malah hampir redup di akhirnya. Dari kemarin hujan terus nih.

No comments: