Tuesday, July 24, 2007

Cerita Hari Ini - 017


Pendidikan


Teman dari Australia cerita, sekolah TK di sana umumnya pakai sistem "play-based". Main dan main gitu. Tapi ga sekadar main; main sambil belajar. Jadi anak-anak tuh ga cuma duduk ngelilingin meja di mana gurunya 'ngajar' di depan, lalu anak-anak sibuk bikin "worksheets after worksheets".

Dalam pelajaran seni pun guru ga boleh, misalnya bikin satu produk contoh yang harus ditiru anak-anak. Katanya itu kills creativity. Jadi anak-anak hanya dikasih bahannya, mereka boleh bikin apa saja yang mereka mau. Guru akan memberi apresiasi setiap karya mereka. Good. Saya setuju sekali tuh.

Kadang guru, juga orang tua, ga saja membunuh kreativitas, malah juga "memberengus" daya imajinasi anak. Misalnya daun harus diwarnai dengan hijau. Kalau anak memberi warna lain "dimarahin". Ngegambar pesawat harus ada hidung dan sayapnya. Kalau anak ngegambarnya kayak bentuk bajaj "disalahin".

Konon kan mendidik bukan memasukan air ke ember, tapi menyalakan api. Siang pimpin persekutun Komisi Wanita di gereja Orchard. Enaknya kalau pimpin Komisi Wanita tuh setelahnya selalu ada makanan khas Indonesia. Hehehe. Malam ada pertemuan santai Majelis jemaat dengan pastoral staff.

No comments: