Monday, July 16, 2007

Cerita Hari Ini - 008


PRT

Siang pimpin persekutuan Maria Marta di gereja Orchard. Lanjut dengan ramah tamah, makan makanan kecil sambil ngobrol. Ini acara rutin tiap bulan. Yang hadir 60-an. Maria Marta tuh wadah pelayanan untuk para pekerja rumah tanggal (PRT). Konon di sini ada sekitar 4000 PRT asal Indonesia.

Profesi PRT di luar negeri rentan sekali. Mereka beruntung kalau dapat majikan yang baik, tapi malang kalau dapat majikan yang "sakit". Banyak kasus PRT yang disiksa oleh majikannya. Ga jarang sampai cacat "lahir batin". Data KOPBUMI (Koperasi Buruh Migran) tahun 2001 saja ada 33 kasus kematian, 107 penganiayaan dan pemerkosaan PRT Indonesia. Paling banyak terjadi di Arab Saudi dan Malaysia.

Betul sih mereka dapat sebutan "manis". Pahlawan devisa. Tapi kenyataannya hampir ga ada "pembelaan" buat mereka. Permainan agen, majikan yang ga bertanggung jawab, oknum petugas yang memeras. Sad. Gereja memang ga lantas bisa mengubah nasib para PRT itu, tapi paling ga bisa jadi "teman-lah" buat mereka.

Pulang dari Orchard sudah sore. Janjian sama beberapa teman mancing di Pasir Ris. Kezia ikut. Sempet hujan. Tapi mancing jalan terus. Sayang hasilnya jelek. Tiga jam empat orang dapat cuma enam ekor. Padahal per orang bayar 50$. Tapi kan banyak hal yang ga bisa diukur dengan uang. Hehehe.

No comments: