Saturday, July 14, 2007

Cerita Hari Ini - 007



YWCA


Pagi sampai sore pembinaan Majelis Jemaat gabungan jemaat Orchard dan Bukit Batok di YWCA. Saya kebagian pimpin ibadah pembuka, acara kebersamaan, dan satu sessi tentang esensi praktis Majelis Jemaat. YWCA tuh Young Women's Christian Association. Mirip dengan organisasi internasional macam Compassion atau World Vision. Hanya concern-nya beda.

YWCA didirikan di Inggris. Sesuai namanya fokus aktivitas mereka adalah pemberdayaan dan advokasi hak-hak kaum wanita. Hingga kini mereka sudah berkiprah di 122 negara. Termasuk di Indonesia. Good. Lembaga-lembaga kemanusiaan macam beginilah yang membuat dunia ini ga tambah "suram dan tua".

Gedung YWCA di Fort Canning Singapore cukup besar. Mereka nyewain ruangan untuk seminar. Juga ada wismanya untuk menginap. 80-an $ per malam. Jauh dibawah harga hotel. Tempatnya oke-lah. Tapi jangan salah, selain YWCA ada juga YMCA (Young Men's Christian Association). Letaknya ga berjauhan. Belakang-belakangan.

Dari YWCA terus ke gereja. Bersama beberapa teman pimpin persekutan pemuda. Acara kebersamaan. Bulan ini Komisi Pemuda topiknya seputar Indonesia. Ada quiz seputar Indonesia. Saya baru tahu kalau arsitek Masjid Istiqlal Jakarta tuh Friedrich Silaban, seorang Kristen. Sayang fakta "karya lintas agama" begini kurang "terangkat".

No comments: