Wednesday, July 11, 2007

Cerita Hari Ini - 004


Alam


Pagi hujan. Ga deras sih dan ga lama. Selanjutan seharian mendung. Kata teman-teman yang sudah lama tinggal di sini, tahun ini cuaca agak "kacau". Panas dan hujan ga ngikutin musim sebelum-sebelumnya. Tapi menurut berita di koran, hampir di semua belahan dunia cuaca lagi ga menentu. Konon akibat "global warming".

Saya percaya, apakah alam ini akan menjadi tempat yang nyaman atau ga sangat tergantung perlakuan kita terhadapnya. Prinsip, apa yang kamu kehendaki supaya orang lain perbuat kepadamu, perbuat jugalah demikian kepada mereka. Saya pikir ga hanya berlaku dalam relasi antara manusia, tapi juga dalam relasi antara manusia dengan alam.

Pernah saya berbincang dengan seorang sopir taxi. Ia mengaku free-thinker. Ia katakan, alam itu sebetulnya "hidup". Sama dengan kita. Alam menumbuhkan pohon-pohonan, tubuh kita menumbuhkan rambut. Alam punya "hati" dan "jiwa". Seperti kita ingin dikasihi, alam pun ingin dikasihi. Bisa jadi begitu. Walau saya sih ga berpikir sejauh itu.

Saya ngantor setengah hari, sebab sore ada janji ketemu beberapa teman di Plaza Singapura. Bicarain soal "salah satu gereja" Indonesia di sini. Kalau-kalau kita bisa "gabung". Masih penjajakan sih. Terus ikut rapat di gereja pusat di Orchard. Dari situ dengan beberapa teman nengokin teman yang besok mau operasi baju ginjal.

No comments: