Thursday, March 01, 2007

Catatan Harian

Day - 32

Rabu, 28 Februari 2007 -- Lagi banyak yang sakit dan berobat ke sini. Sampai agak sore tadi saya nengok tiga orang di tempat yang berbeda. Satu dirawat di Thompson Medical Centre. Satu dirawat di General Hospital. Satu lagi di Gleneagle. Yang Pertama dan kedua hanya cek. Mereka sudah operasi beberapa minggu lalu. Yang ketiga mau operasi siang tadi.

Masih ada beberapa lagi yang "waiting list". Selama di sini, ada 2 tempat yang paling sering saya kunjungi; West Mall dan rumah sakit. Selain gereja tentunya. Hehehe. West Mall karena dekat rumah. Sudah “panggilan jabatan”. Dalam kondisi “kritis” doa dan pendampingan bisa sangat berarti. Seperti air sejuk di tengah padang tandus. Kadang just “hadir” pun bagi mereka sudah cukup.

Begitulah. Dalam hidup ini kadang ada hal-hal yang ga terhindarkan. Seperti sakit. Dalam situasi demikian yang bisa kita lakukan adalah berubah sudut pandang. Pendampingan perlu dalam kerangka membuka sudut pandang positif ini. Ada buku bagus dari Pak Eka Darmaputera. Ketika Aku Lemah Maka Aku Kuat. Buku itu bertolak dari pengalaman pribadi Pak Eka menghadapi sakitnya.

Mirip dengan Victor Frankl. Psikolog berkebangsaan Yahudi. Ia salah seorang korban keganasan Hitler. Sempat mengalami penyiksaan fisik sangat berat. Tapi bisa bertahan. Dan bebas. Lalu menciptakan teori yang disebutnya “logothearpy”. Menemukan makna di balik penderitaan akan membuat seseorang mampu bertahan. Malam rapat Majelis. Dari siang hujan ga berhenti-berhenti.

No comments: