Saturday, August 04, 2007

Cerita Hari Ini - 028


Pudar


Pagi rapat di gereja. Kita rembukin "sistem" untuk lebih memperhatikan warga jemaat. Yang berjemaat di GPBB sekarang hampir 400-an -- belum semua anggota sih -- Dan “trendnya” cenderung bertambah. Kita "rindu", minimal kalau ada yang dua kali ga ke gereja tuh bisa ketahuanlah gitu :)

Umumnya gereja-gereja orang Indonesia di luar negeri lebih direkat oleh "ikatan satu bangsa” daripada asal gereja. Jadi di Indonesianya bisa dari gereja mana saja, tapi di luar negeri satu gereja. Maka membangun rasa kekeluargaan sangat penting. Supaya orang merasakan gereja sebagai “rumah kedua”.

Hanya belakangan ini tampaknya ikatan denominasi mulai "menggejala". Di sini konon sudah ada 16 gereja berbahasa Indonesia. Beda-beda aliran. Dulu saya pernah punya harapan gerakan keesaan gereja Indonesia bisa bermula dari luar negeri. Tapi sekarang harapan itu memudar.

Gereja Indonesia di luar negeri makin banyak; bukan saja jumlah, tapi juga macamnya. Kayak orang "jualan", ngelihat ada "pasar", lalu berbondong-bondong buka "cabang". Sad. Lebih sad-nya lagi, seperti "induknya" di Indonesia sulit bersatu. Sore pimpin persekutuan pemuda di gereja Orchard.

No comments: