Tuesday, August 14, 2007

Cerita Hari Ini - 037


Istri


Hari ini ga kemana-mana. Beres-beres rumah. Lusa beberapa teman dari Jakarta mau dolan ke sini. Nginep di rumah. Sipp. Minggu ini di Indonesia long weekend. Seperti biasa S'pore "ketiban rejeki". Turis dari Indonesia pada masuk. Dan salah satu “anugerah” saya tinggal di sini, teman kalau ke sini ga usah report cari hotel. Hehehe.

Sore ada acara syukuran pembukaan restoran teman di daerah Kembangan. Dekat Changi. Naik MRT penuh. Hampir dari ujung ke ujung berjubel. Padahal baru jam 5-an. Kayaknya di sini MRT selalu penuh. Ga siang ga sore. Kalau jam kantor jangan ditanya. Baru kosong melompong kalau jam 23-an ke atas.

Teman tanya, “Istri ga ikut?” Saya jawab, “Ga bisa. Anak-anak les.” Teman itu bilang, “Itulah pengorbanan istri. Ngelepas keinginan ini-itu untuk full ngurus rumah." Betul juga. Apalagi pekerjaan rumah tangga tuh ga gampang -- ngurus anak, ngatur rumah. Ibarat manajer dengan jam kerja yang panjang!

Kerap orang beranggapan kerja identik dengan "menghasilkan uang". Jadi kalau istri "hanya" jadi ibu rumah tangga, ga dianggap kerja. Menurut saya, itu keliru. Pekerjaan rumah juga nguras tenaga, pikiran, dan emosi yang ga kecil. Ga kurang "mulia" dibanding dengan bekerja mencari uang.

No comments: