Tuesday, August 21, 2007

Cerita Hari Ini - 045


Transportasi



Pagi-pagi acara baptisan. Disambung peresmian gereja. Yang diundang dari jemaat terdekat. Sebagian mereka datang pake truk. Terutama yang lokasinya agak jauh. Setelah acara di Terentang Baru, kita melanjutkan perjalanan ke Modang. Naik bis. Siang panas terik banget. Debunya ampun deh.

Di sini masalah utama tuh transportasi. Jalanan jelek. Angkutannya terbatas. Jarak dari satu tempat ke tempat yang lain jauh. Ga semua bisa dijangkau dengan kendaraan. Ga jarang harus beberapa kali ganti kendaraan. Kayak ke Modang, kita harus ke Piasak dulu pake perahu. Nyeberang Sungai Kapuas. Masih nyambung lagi pake truk terbuka.

Ga heran kalau banyak daerah pedalaman Indonesia jadi “terisolir” karena minimnya sarana dan prasarana transportasi. Secara ekonomi, pasti jadi mahal. Sistim distribusi barang jadi lebih sulit. Pelayanan kesehatan jadi tidak maksimal. Pendidikan juga ikut terpengaruh karena sulitnya mencari guru. Sad.

Tadi ban mobil kami sempat terjebak. Mesti diderek. Malamnya saya pimpin KKR. Hari ini Kezia ulang tahun. Saya ga bisa telpon. Ga ada signal. Saya berdoa khusus untuk ia. Saya berharap suatu saat ia dan Karen bisa ikut mission trip ke daerah pedalaman dengan fasilitas seadanya. Itu akan memperkaya rohani mereka. Happy Birthday, Kez.

No comments: