Wednesday, August 15, 2007

Cerita Hari Ini - 039


Teroris


Di stasiun MRT biasa diputer film televisi tentang bahaya terorisme. Diceritakan dalam film itu seorang pemuda "aneh" membawa tas mencurigakan. Ia menaruh tas itu di kolong kursi, lalu ngeloyor pergi. Penumpang yang melihat segera melapor ke petugas. Maka selamatlah MRT dari serangan teroris.

Kalau modus terorisme "cetek" begitu mah dunia ga usah cemas atuh. Masalahnya teroris sekarang sudah canggih. Bom bunuh diri kayak yang di Bali dan di Hotel Marriott beberapa waktu lalu. Lebih "gila" lagi kasus mega teror 9-11-2001 di Amerika. Teroris membajak pesawat terus ditabrakin ke sasaran. Piuhh!

Kata ”terrorism” pertama kali dipakai pada masa Rezim Teror di Perancis (1793-1794). Waktu itu maknanya positif, sebagai cara terbaik untuk mempertahankan kemerdekaan. Setelah Revolusi Perancis maknanya berubah, merujuk kepada kekejaman pemerintah yang memenggal kepala pembangkang dengan pisau guillotine.

Manusia makin pintar; teknologi makin canggih, terorisme juga makin hebat -- Malam teman-teman dari Jakarta datang. Asyik. Rumah jadi ramai. Banyak makanan Indonesia pula; soto betawi "Babe", mpek-mpek, otak-otak, bika ambon, kerupuk "kampung", plus Indomie kari ayam spesial :).

No comments: